Riset Perkebunan Nusantara

Kelapa Kopyor PT Riset Perkebunan Nusantara Memberi Andil Dalam Mengatasi Polusi di Jabodetabek

Bogor, Indonesia dalam beberapa pekan terakhir telah menjadi sorotan terkait kualitas udara yang sangat buruk. Daerah yang paling terdampak adalah Jabodetabek. Terlebih lagi DKI Jakarta telah menduduki posisi ketiga sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada Senin (18/9/2023), pukul 06.36 WIB menunjukkan Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di angka 149. Angka ini termasuk kategori tidak sehat dengan polusi udara PM 2,5 dan nilai konsentrasi 55,2 mikrogram per meter kubik (m3).

Angka tersebut dapat merugikan semua makhluk hidup. Diterangkan berdasarkan kategorinya, bahwa indikator baik yaitu rentang PM2,5 sebesar 0-50 menunjukkan tingkat kualitas udara tidak memberikan pengaruh dan efek buruk bagi kesehatan makhluk hidup. Sedangkan kategori sangat tidak sehat dengan rentang PM2,5 sebesar 200-299 atau kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar. Terakhir, kategori berbahaya (300-500) atau secara umum kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi.

Pemerintah DKI Jakarta melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 593 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara berupaya mempercepat penanganan polusi udara. Tindakan yang akan dilakukan yaitu meningkatkan kuantitas ruang terbuka dan bangunan hijau, menggiatkan gerakan penanaman pohon, mengajak peran serta masyarakat dalam perbaikan kualitas udara, melaksanakan pengawasan ketaatan perizinan yang berdampak terhadap pencemaran udara dan penindakan terhadap pelanggaran pencemaran udara.

Program-program pemerintah dalam mengatasi polusi udara tersebut selaras dengan program BUMN yaitu menggalakkan Aksi Gotong Royong Boyong Pohon. PT Riset Perkebunan Nusantara yang merupakan Anak Perusahaan PTPN III (Persero) turut berpartisipasi menghijaukan lingkungan dan memperbaiki kualitas udara di sekitar wilayah kerja PT RPN melalui penanaman bibit tanaman kelapa Kopyor. PT Riset Perkebunan Nusantara berkomitmen dan berkontribusi dalam membantu mengatasi masalah polusi melalui penanaman dan pemeliharaan tanaman kopyor dengan jumlah mencapai 3.000 pohon yang berlokasi Kebun Percobaan Ciomas, Kota Bogor.

Penanaman pohon kelapa memberikan manfaat bagi kesehatan lingkungan, hal tersebut didukung oleh penelitian-penelitian yang menyatakan bahwa pohon kelapa dapat mengatasi masalah polusi karena memiliki daya serap yang tinggi terhadap gas rumah kaca dan emisi karbon, selain itu pohon kelapa juga dijuluki sebagai tree of life, yang berarti pohon kehidupan, yang mana dari mulai akar, pelepah hingga limbahnya dapat dimanfaatkan.

Bibit kelapa kopyor yang dihasilkan oleh PT RPN adalah bibit tanaman kelapa kopyor melalui teknologi kultur jaringan sehingga dijamin buahnya 99,9% kopyor. Kualitas dan tekstur daging kelapa kopyor berbeda dari kelapa biasa dan memiliki manfaat yang sangat banyak. Secara struktur, tumbuhan kelapa kopyor masih sama dengan kelapa biasa, perbedaannya adalah terletak pada daging buahnya saja. Bagi siapapun yang penasaran ingin menikmati suasana kebun kelapa kopyor dan menikmati lezatnya buah kelapa kopyor dapat berkunjung ke Agrowisata Kopyor yang berlokasi di Kebun Percobaan Ciomas Jln. Jabaru II No. 28 Pasirkuda Bogor. Bagi yang ingin berinvestasi bisnis perkebunan kelapa kopyor ataupun menanam di halaman rumah tersedia juga bibit kelapa kopyor yang berkualitas karena telah tersertifikasi.

 

Scroll to Top