JASA DAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Taman Sains dan Teknologi Kopi & Kakao Wisata Agro Techno Science

Deskripsi Singkat

Taman Sains dan Teknologi Kopi & Kakao (Coffee and Cocoa Science Techno Park = CCSTP) merupakan suatu kawasan yang dikelola secara profesional guna menginisiasi serta menyalurkan hasil-hasil inovasi teknologi hulu (on farm) sampai dengan hilir (off farm) kepada semua pelaku usaha – pada tahap awal di sektor industri berbasis kopi dan kakao, serta lembaga pendidikan dan penelitian sehingga mampu mencetak entrepreneur-entrepreneur baru.

Keunggulan

Dalam CCSTP selain ditunjukkan beberapa inovasi teknologi unggulan berupa bahan tanam unggul kopi dan kakao, biopestisida maupun atraktan untuk pengendalian hama- penyakit kopi dan kakao yang ramah lingkungan, pupuk organik hasil pengolahan limbah, juga ditunjukkan proses produksi kopi dan kakao mulai dari on farm sampai dengan off farm termasuk pengembangan alat mesin pengolah kopi dan kakao, biogas dan pengelolaan limbah, outlet produk olahan kopi dan kakao serta ICCRI Training Canter.

Rincian Layanan

Fasilitasi pelatihan untuk mencetak start-up entrepreneur baru dilakukan untuk meningkatkan industri hilir kopi dan coklat serta konsumsi dalam negeri, serta untuk tujuan motivasi dan sarana sosialisasi untuk meningkatkan dayasaing kopi-kakao Indonesia. Tahapan Pembangunan dan Pengembangan CCSTP adalah: 1). Pelatihan. 2). Pendampingan. 3). Pemantapan. 4). Inkubasi. Tahap Inkubasi bisnis merupakan tahapan yang akan dikembangkan oleh CCSTP menjadi sarana pendukung penyempurnaan dari penerapan STP di Indonesia.

Pembagian zona strategis CCSTP adalah sebagai berikut:

  • Zona 1: Riset dan pengembangan teknologi
  • Zona 2: Pelatihan dan inkubasi
  • Zona 3: Industri & Perdagangan
  • Zona 4: Eduwisata

 

HUBUNGI KAMI

PT Riset Perkebunan Nusantara

Jl. Salak No. 1A, Bogor 16128

0251 8333382, 0251 8315985

rpn@rpn.co.id

GALERI